BIONS | 2024-02-22

Optimisme di Tengah Tantangan

Tim Research BNI Sekurita menganalisa perusahaan FMCG atau Fast Moving Consumer Good. Simak selengkapnya dalam artikel ini untuk analisa dari tim Research BNI Sekuritas dan bagaimana rekomendasi dari tim Research BNI Sekuritas!

Baca juga: BSDE Terdorong Nilai Tinggi Penjualan Lahan

Mengakhiri 2023F Dengan Relatif Lebih Cerah

Masih menantang, tetapi mengakhiri tahun 2023F dengan catatan yang relatif lebih cerah. Diskusi tim Research BNI Sekuritas dengan perusahaan FMCG yang terdaftar di bursa saham maupun swasta di Indonesia sepakat bahwa pemulihan berbentuk K masih akan berlanjut di 4Q23F. Perusahaan-perusahaan yang menyasar konsumen pasar massal melaporkan penjualan bulanan yang lemah selama 4Q23F, sedangkan perusahaan-perusahaan yang melayani segmen premium bernasib lebih baik, meskipun pemulihan penuh masih sulit dipahami.

Menurut data industri, sektor FMCG mengalami pertumbuhan nilai penjualan hanya sebesar 1% YoY pada tahun 2023, yang mengindikasikan tren pertumbuhan volume yang negatif. Menariknya, konsumsi out-of-home melampaui produk in-home dalam hal kinerja. Perusahaan-perusahaan konsumer belum menyaksikan dampak dari suntikan fiskal pra pemilu pada 4Q23F. Selain itu, distributor, terutama dalam perdagangan umum, telah mengadopsi pendekatan yang hati-hati selama periode pra-pemilu, yang mengakibatkan pengisian persediaan lebih lambat. Meskipun tidak ada kenaikan harga sepanjang tahun, profitabilitas berada pada jalur yang meningkat, didukung oleh tren penurunan soft commodity prices.

Menuju Pemulihan di 1H24F

Terlepas dari tantangan yang dihadapi pada tahun 2023, perusahaan-perusahaan konsumer tampaknya lebih optimis tentang 2024F. Katalis utama meliputi: 1) pencairan bantuan sosial yang dipercepat pada pertengahan Januari, dibandingkan dengan tahun sebelumnya di bulan Maret, 2) kelanjutan dari program bantuan satu kali seperti bantuan tunai El Nino dan bantuan beras pada 1H24F, 3) waktu yang lebih baik untuk musim perayaan Lebaran (sejalan dengan tanggal penggajian), dan 4) peningkatan jumlah hari libur nasional selama 1H24F (19 hari dibandingkan hanya 3 hari pada 2H24F).

Akibatnya, pertumbuhan volume diperkirakan akan terjadi pada 2024F, dengan sebagian besar perusahaan yang tim Research BNI Sekuritas ajak bicara memilih untuk tidak menaikkan harga, meskipun ada volatilitas soft commodity prices. Setelah ada kejelasan yang lebih besar tentang kondisi ekonomi, yang diantisipasi setelah pemilu putaran pertama, semua pemangku kepentingan setuju bahwa distributor harus mempercepat pengisian ulang inventaris mereka. Pada tahun 2024F, pasar lokal diperkirakan akan mengungguli pasar ekspor yang rentan terhadap tantangan global.

Risiko Berkelanjutan di 2H24F

Sebaliknya, 2H24F diperkirakan akan lebih menantang, karena tidak ada katalis yang terlihat untuk konsumen berpenghasilan menengah ke bawah. Pasca pemilu, ada kekhawatiran bahwa belanja sosial dapat menurun secara signifikan dibandingkan dengan periode sebelum pemilu, yang berpotensi berdampak buruk pada segmen konsumen berpenghasilan rendah sekali lagi. Namun demikian, prospek Kantar tetap optimis, memperkirakan pertumbuhan 5% YoY dalam nilai penjualan FMCG di dalam negeri pada tahun 2024F (dibandingkan dengan 4,4% pada tahun 2023F) dan pertumbuhan 6,5% YoY dalam penjualan di luar negeri (dibandingkan dengan 13,2% pada tahun 2023F).

Perlu dicatat bahwa 2H23 merupakan basis yang rendah, sehingga pertumbuhan YoY di 2H24F seharusnya lebih baik. Hasilnya, proyeksi tim Research BNI Sekuritas menunjukkan pertumbuhan 7,4% YoY pada penjualan bahan pokok konsumen untuk tahun 2024F (pulih dari pertumbuhan 5% YoY pada tahun 2023F), sementara itu, peritel diperkirakan akan mencapai pertumbuhan 13,8% YoY (berbeda dari 20% YoY pada tahun 2023F). Perusahaan-perusahaan konsumer yang menargetkan segmen kelas menengah ke atas masih siap untuk kinerja yang lebih kuat di tahun 2024F.

Belum Ada Kejutan Besar

Proyeksi tim Research BNI Sekuritas menunjukkan bahwa penjualan 4Q23F untuk bahan pokok konsumen diperkirakan akan tetap flat secara YoY, menghasilkan pertumbuhan 1% YoY untuk FY23F. Berbeda dengan 3Q23, ketika pertumbuhan laba terutama didorong oleh GPM, tim Research BNI Sekuritas mengantisipasi sedikit penurunan pada GPM qoq sektor ini di 4Q23F, terutama karena CPIN, INDF, dan UNVR. Meskipun demikian, marjin EBIT sektor ini diperkirakan akan meningkat secara kuartalan di 4Q23F, didorong oleh berkurangnya pengeluaran A&P. Secara keseluruhan, tim Research BNI Sekuritas memproyeksikan pertumbuhan 40% YoY pada laba untuk sektor bahan pokok di 4Q23F, sehingga pertumbuhan laba FY23F menjadi 38% YoY.

Estimasi tim Research BNI Sekuritas menunjukkan bahwa pendapatan ICBP, INDF, dan MYOR akan melebihi estimasi Konsensus, sementara UNVR dan CPIN mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi, dan saham-saham lainnya kemungkinan akan memenuhi ekspektasi. Untuk peritel, tim Research BNI Sekuritas memproyeksikan pertumbuhan 16% YoY pada penjualan 4Q23F, yang menghasilkan pertumbuhan 20% YoY untuk penjualan FY23F. Namun, laba diperkirakan akan turun 11% YoY pada 4Q23F, yang menyebabkan penurunan 8% YoY pada laba FY23F, karena tidak ada lagi perubahan penyesuaian pasca-karyawan. Tim Research BNI Sekuritas mengantisipasi laba FY23F ERAA akan melampaui estimasi Konsensus, sementara MAPI dan RALS mungkin akan meleset, dan sisanya akan sejalan. 

Rekomendasi Tim Research BNI Sekuritas

Mempertahankan OW untuk bahan pokok konsumen, N untuk peritel. Sikap ini didasarkan pada pertumbuhan penjualan consumer staples yang lemah di 2023F dan ekspektasi perbaikan di 2024F. Meskipun tim Research BNI Sekuritas mengantisipasi peritel untuk membukukan pertumbuhan laba yang lebih tinggi pada 2024F sebesar 22,5% yoy, dibandingkan dengan 12,4% yoy untuk bahan pokok, pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh peritel tingkat menengah ke atas. Tim Research BNI Sekuritas juga mengamati bahwa valuasi peritel telah mencapai rata-rata tiga tahun, yang mencerminkan optimisme pasar, sementara bahan pokok masih berada di bawahnya. Selain itu, pada tahun 2023, baik investor institusi lokal maupun asing berinvestasi besar-besaran di sektor ritel (masing-masing sebesar Rp2,4 triliun dan Rp1,5 triliun), dan melakukan divestasi dari sektor bahan makanan (masing-masing sebesar Rp5,6 triliun dan Rp921 miliar).

Akibatnya, kepemilikan institusional lokal pada saham-saham bahan pokok tetap lebih rendah dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi. Secara YTD, Konsensus tetap merevisi turun laba untuk bahan pokok dan peritel sebesar 0,6% dan 2,1% untuk 2023F, serta 1,2% dan 0,8% untuk 2024F. Saham pilihan utama tim Research BNI Sekuritas tetap ICBP untuk bahan pokok dan MAPA dan ACES untuk peritel. Risiko naik dan turun terkait dengan daya beli masyarakat yang lebih cepat atau lebih lambat dari perkiraan.

Transaksi saham kamu sekarang di BIONS by BNI Sekuritas! Download dan registrasi BIONS sekarang! Dapatkan promo menarik yang bisa kamu cek selengkapnya di sini.


Disclaimer on:
Analisis, Informasi dan pendapat yang tercantum dalam dokumen ini, telah disusun berdasarkan informasi yang tersedia atau diperoleh dengan itikad baik dari sumber-sumber yang diyakini dapat dipercaya. Tidak ada pernyataan atau jaminan, baik tersurat maupun tersirat, yang dibuat oleh BNI Sekuritas mengenai keakuratan kelengkapan informasi yang terkandung di dalamnya. Analisis ini hanya untuk informasi Anda dan tidak dimaksudkan sebagai penawaran, atau pemenuhan atas suatu penawaran, untuk membeli atau menjual saham tertentu. Keputusan transaksi akan kembali kepada keputusan investor.

Related Tutorial

Author Detail

BIONS


Halo, saya DINA - chatbot BIONS, siap membantu kamu. Untuk memulai percakapan mohon lengkapi data berikut